Program Doktor Pendidikan Pascasarjana Untirta Kembali Luluskan Empat Doktor Baru

Kabar baik kembali hadir untuk civitas akademika Untirta, setelah dalam dua hari ini (Senin dan Selasa, 26-27 Juni 2023) Pascasarjana Untirta kembali meluluskan empat Doktor baru dari Program Doktor Pendidikan lewat prosesi Sidang Terbuka (Promosi) Doktor yang diselenggarakan di Auditorium Gedung B, kampus Pakupatan yang dihadiri berbagai tamu undangan baik dari keluarga, kolega dan juga Dinas terkait kali ini.

Sebelumnya, Program Doktor Pendidikan meluluskan dua Doktor perdananya pada sidang terbuka (promosi) Doktor di bulan Maret 2023 dan mengikuti prosesi Wisuda Gelombang kedua di tanggal 17 Juni 2023 lalu. Kini Pascasarjana menambahnya empat dengan total enam Doktor baru hingga saat berita ini diturunkan.

Satu promovenda yang mengikuti ujian di hari Senin (26 Juni 2022) adalah atas nama Mutoharoh. Ia mengambil judul “Pengaruh Kepemimpinan Inovatif, Kompetensi Manajerial, dan Supervisi Akademik Kepala PAUD terhadap Kinerja Pendidik PAUD dalam Pengelolaan Blended Learning di PAUD Kabupaten Serang.”

Sedangkan tiga peserta lainnya diujikan pada hari ini (Selasa, 27 Juni 2023) dengan didahului promovenda atas nama Siti Laela yang mengangkat judul “Mutu Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cikande (Studi Korelasional Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Kepemimpinan Pembelajaran dan Kelayakan Sarana dengan Mutu Sekolah).”

Sesi kedua diisi oleh promovendus Muhammad Asholahudin yang mengambil tema di bidang Bahas Inggris yang diberi judul “Hubungan Penguasaan Kosakata, Berpikir Tingkat Tinggi (BTT) dan Kecerdasan Linguistik dengan Kemampuan Membaca Pehamaman Tingkat SMP Kelas VII di Kota Cilegon.”

Sesi terakhir, promovenda atas nama Roma Mantin Uli Napitupulu memaparkan presentasi Disertasinya dengan judul “Evaluasi Program Pelatihan Kepemimpinan Pengawas dengan Model Five Level ROI Framework di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemeterian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional.”

Dari keempat Doktor yang diluluskan kali ini, dua diantaranya menyandang Doktor Pendidikan bidang Manajemen Pendidikan yaitu Mutoharoh dan Siti Laela, sednagkan dua lainnya menyandang Doktor bidang Teknologi Pendidikan yaitu Roma Mantin Uli Napitupulu dan Muhammad Asholahudin.

Deretan penguji dalam Sidang Terbuka (Promosi) Doktor kali ini juga tak hanya dari Dosen serta Guru Besar di internal Pascasarjana Untirta saja. Berbagai guru besar dari kampus lain seperti Prof. Dr. Encep Syarifuddin, M.Pd. (UIN Banten) kemudian Prof. Dr. Ahmad Hufad, M.Pd dan Prof. Dr. Uyu Wahyudin, M.Pd. (UPI Bandung), Prof. Dr. Ekawarna, M.Psi (Universitas Jambi), Prof. Dr. Sudarwan Danim, M.Pd (Universitas Bengkulu), serta Dr. Arif Rohman, M.Si (Universitas Negeri Yogyakarta). Sebagian hadir secara daring dan ujian berlangsung khidmat dan lancar meskipun menggunakan metode hibrid kali ini.

Leave a Reply