Program Doktor Pendidikan Pascasarjana Untirta Sukses Luluskan Dua Doktor Perdana

Wali Kota Serang H. Syafrudin, S.Sos., M.Si., meraih gelar Doktor pada Program Doktor Pendidikan dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor di Ruang Multimedia Rektorat, Kampus Sindangsari, Selasa, 14 Maret 2023. Gelar ini merupakan gelar Doktor pertama yang dikeluarkan oleh Untirta usai pembukaan program Doktor Pendidikan pada tahun 2020 lalu.

Sidang ini dipimpin oleh Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., dengan Promotor Prof. Dr. Sudadio, M.Pd., Penguji Luar Prof. Dr. Drs. Ekawarna, M.Psi., dari Universitas Jambi, Penguji Utama; Prof. Dr. HM. Syadeli Hanafi, M.Pd., Prof. Dr. H. Yayat Ruhiat, M.Si., Dr. H. Suherman, M.Pd., Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd., dan Dr. H. Aan Aspianto, S.Si., S.H., M.H.

Syafrudin berhasil meraih gelar Doktor setelah berhasil mempertahankan hasil disertasinya yakni ‘Pengaruh Kompetensi Manajerial, Kepemimpinan, Kewirausahaan Kepala Sekolah dan Kecerdasan Interpersonal terhadap Produktivitas Sekolah Dasar se-Kota Serang’.

“Saya berpandangan bahwa kepala sekolah sebagai guru yang mendapatkan tugas yang memimpin dan membimbing di sekolah untuk menentukan maju mundurnya sekolah dan bermutu atau tidak bermutunya sekolah. Oleh karena itu, saya pastikan kepala sekolah harus punya pandangan ke depan dan bagaimana cara untuk meningkatkan mutu pendidikan dan sekaligus kualitas pendidikan di Kota Serang,” ujarnya saat dalam ujian disertasi terbuka tersebut.

Penguji Prof. Ekawarna mengakui bahwa Promovendus sudah layak untuk menyandang gelar Doktor dan layak disebut sebagai Jawara intelektual.

Usai Wali Kota Serang meraih gelar Doktor pertama di Untirta, penerima gelar Doktor di kampus dengan value JAWARA ini bertambah. Pada Kamis 16 Maret 2023, ditetapkan kembali gelar Doktor Manajemen Pendidikan atas nama Murni yang merupakan salah satu pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang.

Murni meraih gelar Doktor Pendidikan karena mampu membuktikan keabsahan penelitiannya tentang ‘Pengaruh Mutasi, Rotasi, dan Promosi terhadap Pengembangan Karir Tenaga Kependidikan PNS di Kota Serang, Provinsi Banten’ dan mendapatkan IPK 3.91.

Sidang ini dipimpin oleh Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T.; Sekretaris Sidang Dr. H. Aan Aspianto, S.Si., S.H., M.H.; Penguji tamu Dr. Drs. Arif Rahman, M.Pd., dari UNY; Promotor Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd.;  Co-Promotor Dr. Nurul Andriani, S.Si., M.Pd.; Penguji Utama Prof. Dr. Sudadio, M.Pd.; Prof. Dr. HM. Syadeli Hanafi, M.Pd.; dan Dr. H. Suherman, M.Pd. Acara ini juga dihadiri oleh Wali Kota Serang Dr. Syafrudin, S.Sos., M.Si., Wakil Ketua DPRD Kota Serang beserta jajaran dan staf.

Promovenda, Murni, M.Pd., menyimpulkan penelitiannya bahwa terdapat pengaruh positif mutasi terhadap pengembangan karir tenaga kependidikan PNS di Kota Serang.

“Yang kedua terdapat pengaruh positif rotasi terhadap pengembangan karir tenaga kependidikan PNS di Kota Serang, dan yang ketiga terdapat pengaruh positif promosi terhadap pengembangan karir tenaga kependidikan PNS di Kota Serang dan yang terakhir terdapat pengaruh mutasi, rotasi dan promosi secara simultan terhadap pengembangan karir tenaga kependidikan PNS di Kota Serang,” jelasnya.

Wali Kota Serang Dr. Syafrudin bersyukur di lingkungan Pemkot Serang selain dirinya ada lagi yang bisa menempuh gelar Doktor dan ia berharap kepada yang lain untuk bisa mengikuti jejak dirinya dan saudari Murni di masa yang akan mendatang.

Sumber tulisan: laman resmi Untrita https://untirta.ac.id/2023/03/14/raih-cumlaude-wali-kota-serang-jadi-lulusan-pertama-pada-program-doktoral-di-untirta/ & https://untirta.ac.id/2023/03/16/peraih-gelar-doktor-di-untirta-bertambah/ 

Leave a Reply