Mahasiswa Program Doktor Pendidikan Pascasajana Untirta Gelar PKM di Malingping

Mahasiswa Program Doktor Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Agung Tirtayasa (Untirta) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di MTs Nurul Hidayah, Malingping, Kabupaten Lebak, Sabtu 11 Juni 2022 lalu. Pada kegiatan ini, Mahasiswa Program Doktor Pendidikan Pascasarjana Untirta berkolaborasi dengan UNMA, STKIP Setiabudi, UBP, Alfarhan, STKIP Situs Banten dan UMT Tangerang.

Kegiatan yang mengusung tema “Penilaian Berbasis HOTS & Media Pembelajaran berbasis ICT Intertegrasi Literasi Digital” ini dihadiri oleh unsur dosen program pendidikan doktor dan diikuti oleh 100 peserta yang merupakan para guru dari MTs dan Aliyah se-Kabupaten Lebak.

Ketua pelaksana, Firman Edi mengatakan, kegiatan ini diharapkan akan dapat memberikan manfaat kepada para peserta, yakni para guru MTs dan Aliyah. Menurutnya, peningkatan penguasaan Information and Communation Technology (ICT) terhadap para guru saat ini sangat penting dilakukan.

“Tujuan kegiatan PKM adalah untuk memberikan pembekalan dalam bidang pembelajaran berbasis ICT untuk meningkatkan kompetensi guru dalam kemampuan penguasaan ICT dan Literasi Digital,” kata Firman Edi

Di tempat yang sama, Prof. Dr. Sholeh Hidayat, M.Pd. selaku koordinator Program Studi Pendidikan Doktor Pascasarjana Untirta menyampaikan, saat ini menurutnya baru sekitar 60% guru yang sudah melek teknologi. Maka melalui digelarnya kegiatan PKM ini, diharapkan mampu menjawab tantangan dunia pendidikan di abad 21.

Dalam kegiatan PKM ini hadir guru besar Klimatologi, Prof. Dr. Yayat Ruhiat guru besar Klimatologi sebagai pemateri. Ia menyampaikan materi “Media pembelajaran berbasis ICT terintegrasi literasi baru”. Sementara satu pemateri lainnya badalah Dr. Nurul Andriani, menyamakan tema materi “penilaian berbasis HOTS”.

Tulisan asli disadur dari: https://www.poros.id/berita-utama/pr-1673598804/tingkatkan-penguasaan-ict-terhadap-guru-mahasiswa-program-doktor-pendidikan-untirta-gelar-pkm-di-malingping

Leave a Reply